Bambu Bukan Primadona

Livesketch Bambu di Tepi Sungai Amandit
Belajar dari bambu, sering terlupakan oleh masyarakat yang "mengaku modern" tapi ternyata memberi banyak sekali manfaat.

Bambu merupakan tanaman yang memiliki manfaat sangat penting bagi kehidupan. Semua bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun, kelopak, bahkan rebungnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan hidup. *jadilah bambu, rela dilupakan tapi tetap bisa bermanfaat.

Dikota tempat lahir, jarang sekali melihat rumah dengan material utama adalah bambu. Justru lebih tertarik dengan kayu ulin, yaitu jenis kayu primadona khas Kalimantan yang terancam punah.

Dibandingkan dengan Kayu Ulin, perbandingan tumbuhnya sangat jauh. Bambu dapat tumbuh 60 - 100cm dalam sehari (tergantung jenis tanah dan jenis bambunya). 

Hosting Unlimited Indonesia

Dibandingkan dengan Kayu Ulin, perbandingan tumbuhnya sangat jauh. Bambu dapat tumbuh 60 - 100cm dalam sehari (tergantung jenis tanah dan jenis bambunya). Banyak yang bilang memanen bambu adalah peristiwa hidup. Hal ini karena saat dipotong dan sebelum siap digunakan, bambu mampu memberikan banyak glukosa terhadap makhluk-makhluk kecil didalam tanah (pengawetan). Pertanyaannya, apakah orang-orang kita hanya menilai dari mewah/tidaknya? Bukan dari manfaat-manfaatnya?

Baca Juga:
Bambu Untuk Kehidupan, Kehidupan Untuk Bambu
Si Cantik Alamanda di Kebun Raya Banua

Sketsa 4 Desember 2016 - Tepi Sungai Amandit, Desa Ni'ih Kec.Loksado. Kalimantan Selatan.
#livesketch #watercolour #watercolor #watercolorpainting

Bambu Bukan Primadona Bambu Bukan Primadona Reviewed by Rusyaidi Ahmad, ST on June 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Pengunjung yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar :)

Powered by Blogger.