Volunteering Bersama 1000 Guru Kalsel di SDN Belangian & SD Pa'au

"Ketika mereka memiliki cita-cita, sebenar-benarnya merekalah cita-cita sebuah desa"
Proses mengajar dengan duduk dilantai
Sekilas Tentang .traveling & teaching SDN Belangian & SD Pa'au,
SDN Belangian dan SD Pa'au adalah 2 sekolah yang letaknya berlainan. Belangian dan Pa'au adalah nama 2 desa di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.  Perlu waktu tempuh kurang lebih 3 jam untuk sampai ke Desa Belangian jika dihitung dari Ibukota Kabupaten Banjar, Martapura. 1 jam jalur darat menuju pelabuhan Aranio desa Tiwingan dilanjutkan 2 jam jalur air dari pelabuhan  menggunakan transportasi "kelotok". 2

Dari desa Belangian, jika ingin menuju desa Pa'au harus menempuh perjalanan dengan kelotok selama 20-30 menit. SDN Belangian & SD Pa'au hanya memiliki 4 guru yang berstatus PNS dan 7 tenaga pengajar yang "tercatat" berstatus honorer/kontrak.  Seperti pada umumnya, problematika yang dialami oleh sekolah-sekolah di pedalaman adalah tenaga pengajar.  Dari sekian banyak yang tercatat sebagai tenaga pengajar (non PNS), hanya beberapa yang mampu bertahan lama. Karena dilihat dari latar belakang dan domisili asal yang mungkin bukan asli orang setempat, setelah 1 hingga 2 tahun mengajar mereka kembali ke tempat mereka masing-masing. Hal inilah yang membuat 4 guru PNS kewalahan dalam membagi tugas mengajar untuk 12 kelas di desa dan pulau yang berbeda.
Dalam kegiatan traveling & teaching peran @1000_guru_kalsel berkunjung kesana untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswi SDN Belangian dan SD Pa'au untuk meningkatkan kemauan belajar siswa. Salah satu upaya yang bisa kita berikan untuk mereka adalah memberikan penghargaan berupa tas sekolah dan alat tulis hasil dari donasi serta penjualan merchandise dan T-Shirt.

Mengajarkan dan mengenalkan wilayah administratif Prov.Kalsel

Besar harapan, 10 - 20 tahun lagi siswa-siswi yang bersekolah di sekolah tersebut bisa menjadi angin segar bagi kemajuan perkembangan desa tempat mereka dilahirkan. Baik itu mereka yang bercita-cita sebagai guru, tenaga kesehatan, engineers dan lain sebagainya harus diberi pembekalan, motivasi dan arahan bahwa mereka adalah "cita-cita sebuah desa" tempat mereka dilahirkan. Dalam kegiatan traveling & teaching peran @1000_guru_kalsel berkunjung kesana untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswi SDN Belangian dan SD Pa'au untuk meningkatkan kemauan belajar siswa. Salah satu upaya yang bisa kita berikan untuk mereka adalah memberikan penghargaan berupa tas sekolah dan alat tulis hasil dari donasi serta penjualan merchandise dan T-Shirt.



Karangan seorang siswi tentang cita-citanya

Volunteering Bersama 1000 Guru Kalsel di SDN Belangian & SD Pa'au  Volunteering Bersama 1000 Guru Kalsel di SDN Belangian & SD Pa'au Reviewed by Rusyaidi Ahmad, ST on June 22, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.