38 Trik Pendaki Pemula



PERSIAPAN

1. Lakukan Beberapa Pencarian Untuk Menemukan Jalan Yang Cocok Bagi Pemula. Eksplor ide, lihat beberapa blog para pendaki, Situs web dan forum juga merupakan tempat yang bagus untuk memulai. 

2. Membuat Dua Jenis Checklists, Satu Untuk Makanan dan Satu Lagi Untuk Peralatan. Hal ini sangat membantu untuk mengingat barang yang akan dibawa, barang yang sangat diperlukan atau bahkan justru tidak akan terpakai sama sekali.

3. Bergabung Dengan Kelompok Hiking. Ini cara yang menyenangkan untuk bertemu orang-orang dengan minat yang sama. Lihatlah kelompok pendaki lokal atupun pecinta alam setempat, forum online atau situs seperti Backpackerindonesia.com untuk menemukan teman hiking. Dengan kemudahan social media Instagram merupakan akses kesempatan bertemu dengan kelompok pendaki lain juga cukup lumayan besar.


* * *




KESEHATAN DAN KEAMANAN

3. Memilih Teman Yang Berpengalaman. Cara terbaik untuk mempelajari keterampilan baru adalah mencari informasi dengan orang yang berpengetahuan luas disekitar anda. Terlebih mereka sudah memiliki pengalaman di tempat yang akan kita tuju maka perjalanan kita akan terasa aman.

4. Minum Air Yang Cukup, Bahkan Sebelum Merasa Haus. Dehidrasi bisa membuat Anda lebih rentan terhadap hipotermia dan altitude sickness.

5. Membawa Peta Serta Kompas dan Pelajari Cara Menggunakannya. Gps hiking yang bagus memang berguna dan membuat hidup lebih mudah, namun itu berarti kita bakal ketergantungan dengan digital dan akan dihadapkan dengan permasalahan kehabisan baterai.

6. Krim Sun Block itu penting, terlebih lagi jika trekking di ketinggian. Selalu bawa topi, kacamata hitam dan Sun Block.

5. Pelajari Dasar-dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dan bawa First Aid Kit dan Survival Kit bersama.

7. Mengganti Kaus Kaki Basah Jika Ada Kesempatan, Gantilah Dengan Kaus Kaki Yang Kering. Ini akan mencegah lecet dan penyakit tertentu pada permukaan kulit kaki. Gunakan Kaus kaki kering pada saat istirahat, hal ini membantu menjaga tubuh dari resiko hipotermia.

8. Beristirahat Beberapa Saat Dalam Setiap Kurun Waktu Satu Jam Perjalanan. Istirahat cepat ini membantu membuang limbah metabolik yang terbentuk di kaki anda saat hiking.

9. Pelajari Peta dan Jalur Pendakian Sebelum Mulai Mendaki. Ini memberi anda solusi bagus tentang rute, kemungkinan jalur keluar darurat serta tempat untuk mengisi ulang persediaan air.

10. Bawa Makanan Pokok Yang Darurat Seperti Kurma atau Biskuit Padat. Ini seandainya anda terjebak di jalur lebih lama dari perkiraan Anda. 

11. Beritahu Kerabat Dekat Tujuan Pendakian dan Kapan Perhitungan Estimasi Waktu Untuk Kembali.  Mungkin berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.


* * *




PERALATAN APA DAN BAGAIMANA PACKING

14. Kemas Barang Bawaan Dengan Perlengkapan Waterproof, baik dengan pak wrap atau pack liner.

15. Pelajari Cara Mengenakan Pakaian Multi Layer Agar Tetap Hangat, Kering dan Nyaman. Layering System untuk pendakian terdiri dari Base layer, Insulating Layer, serta Shell Layer.

16. Tidak Ada Salahnya Mencoba Semua Alat Pendakian Sebelum Berangkat. Hal menghindari terjadinya tidak berfungsinya alat dengan baik saat perjalanan. 

17. Berilah Akses Mudah Untuk Barang-Barang Emergency di Dalam Carrier. Masukkan barang-barang penting seperti peta, perlengkapan First Aid Kit, Survival Kit, lampu kilat, dan makanan ringan di kantong luar atau di kantong bagian atas carrier. Sehingga mudah dijangkau saat istirahat atau jika terjadi keadaan darurat.

18. Jangan Pernah Menggunakan Pakaian Berbahan Katun Saat Pendakian. Karena Pakaian Katun tidak mudah menguapkan keringat yang menempel pada pakaian. 

19. Membawa Penjernih Air, Seperti Personal Water Filter. Jika dirasa sulit untuk mendapatkan air bersih di jalur yang akan dilalui.

20. Pinjam atau Sewa Peralatan Sebelum Membeli. Terutama barang dengan harga yang lumayan  menghabiskan anggaran seperti tenda. 

21. Uji Coba Packing Seluruh Perlengkapan di Rumah. Memang sangat dibutuhkan beberapa kali pengepakan dan pembongkaran untuk menentukan cara terbaik untuk melakukannya.

22. Membawa Jas Hujan, Tidak Peduli Apa Ramalan Cuaca. Ini adalah salah satu barang pakaian yang paling penting yang bisa Anda bawa. Carilah yang tahan air dan bernapas. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat panduan tentang bagaimana memilih jaket hujan untuk di luar ruangan.


* * *




TIPS & TRIK LAINNYA

23. Bagi Yang Pertama Kali Berpetualang Seorang Diri, Cobalah Untuk Membuat Sebuah Perjalanan Pendek Terlebih Dahulu. Ini memberi Anda kesempatan untuk menguji diri sendiri tanpa terlalu jauh dari peradaban..

29. Mengemas Ulang Makanan Dengan Kemasan, untuk menghemat ruang.

30. Jika cuaca begitu panas masukan botol air minum kedalam kantung/ kaus kaki bekas, rendam kantung/ kaus kaki, dan gantungkan botol itu di bagian luar Carrier. Ini Akan Menjaga Air Pada Botol Tidak Terlalu Panas.

31. Untuk Penggunaan Carrier Saat Pertama Kali, kendurkan semua tali terlebih dahulu sebelum memasangnya. Pertama kencangkan sabuk pinggul, yang seharusnya duduk di pinggul, bukan di atasnya. Kencangkan tali bahu, pengangkat beban simulasikan dengan beban (yang berada di dekat bahu). Akhirnya atur penguat penyangga beban pada sabuk pinggul (di bagian belakang sabuk). Tali sternum seharusnya tidak super ketat tapi hanya membantu menjaga tali bahu tetap pada posisinya. Untuk lebih jelasnya, periksalah panduan bagaimana menyesuaikan carrier dengan benar. Jika berencana untuk mendapatkan carrier baru, lihat model terbaik untuk backpacking.


* * *




MENGHORMATI ALAM DAN SESAMA PENDAKI

32. Memberikan Bantuan Kepada Pendaki Yang Mengalami Kesulitan.

33. Jangan Bawa Pulang Apapun Yang Tidak Kamu Bawa. Alam ini dimaksudkan untuk dinikmati oleh semua orang. 

34. Tidak ada jejak Sampah, Bungkus dan Bawa Kembali Pulang!. Bawa tas plastik untuk membawa sampah-sampah pribadi selama berpindah tempat, ikatlah bungkusnya agar tidak menjatuhkan bagian dalam kemasan.

35. Menghormati Orang Lain Dengan Berbicara Tenang dan Tidak Bermain Musik Keras. Orang pergi ke luar rumah untuk menjauh dari kebisingan kota.

36. Berjalanlah Di Jalur Yang Ditetapkan Atau Sudah Direncanakan, demi keselamatan dari hal yang tidak diinginkan.

37. Tidak Memberi Makan Satwa Dengan Makanan yang Kita Bawa, dengan makanan yang ditujukan untuk manusia ini akan mengganggu kebiasaan mencari makan alami mereka.

38. Menghormati Budaya dan Kebiasaan Setempat. Berbaurlah dengan masyarakat setempat, menandakan kita datang dengan maksud yang baik.

* * *


-----------------------------------------------------------------
sumber : Dirangkum dari berbagai sumber













38 Trik Pendaki Pemula 38 Trik Pendaki Pemula Reviewed by Rusyaidi Ahmad, ST on September 05, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.